Jumat, 01 Mei 2015

Pentingnya Menggunakan Jasa Wedding Organizer (WO) atau Wedding Planner (WP)

Alasan perlunya Anda menggunakan jasa WO
WO adalah sebuah kelompok orang-orang yang dapat membantu anda untuk memastikan acara pada hari-H pesta pernikahan anda yang telah direncanakan sebelumnya dapat berjalan dengan baik.
Terlebih lagi WO biasanya sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak dibandingkan para calon pengantin dan sudah mengetahui apa saja detail yang perlu diperhatikan dan juga pengaturan waktu yang dibutuhkan.
Dalam 1 hari pernikahan, biasanya para pengantin akan melakukan prosesi acara yang berurutan dari pemberkatan lalu dilanjutkan dengan pesta pernikahan. Agar semua dapat dilaksanakan dengan baik, posisi WO sangat dibutuhkan. Selain mereka akan mengatur waktu selama 1 hari penuh, mereka juga akan memastikan anda mengikuti jadwal yang telah direncanakan.
WO yang sederhana biasanya adalah dengan menunjuk orang kepercayaan yang anda serahkan tanggung jawab terbesar untuk memastikan hari bahagia anda menjadi hari terbaik dalam kehidupan anda. Apabila anda tidak menggunakan WO profesional, orang ini kemungkinan besar adalah saudara anda sendiri. Kanapa bukan anda? Karena anda adalah bintangnya pada hari tersebut. Tidak mungkin anda bisa mengatur semuanya pada hari-H. Kelemahan dari meminta saudara sendiri untuk memegang kendali semuanya adalah kurangnya pengalaman mereka dalam mengatur jalannya pesta pernikahan.
Jangan sampai anda menyalahkan saudara anda sendiri untuk sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan rencana yang telah anda buat.
Lalu apa bedanya Wedding Organizer dengan Wedding Planner?
Apabila Wedding Organizer hanya bertugas pada hari-H, maka Wedding Planner akan membantu anda dari persiapan pernikahan anda hingga hari-H. Tugas mereka adalah merencanakan semuanya, tentu dengan persetujuan anda.
Anda mungkin belum mengetahui apa yang anda butuhkan, dimana anda akan menikah, catering mana yang enak & bagus, tempat membuat kartu undangan, dan sebagainya.
Wedding Planner adalah teman terbaik anda. Mereka biasanya sudah memiliki rekanan mereka masing-masing yang dapat anda pilih sesuai dengan selera. Apabila tidak adapun, mereka akan dengan senang hati membantu anda mencari yang sesuai dengan keinginan anda.
WP juga akan mencatat semua nomor telepon penting, menghubungi para vendor, menentukan dead-line untuk segala persiapan. Menggunakan WP akan sangat membantu anda karena ini seperti anda memiliki asisten pribandi untuk mengurangi beban anda selama persiapan.
Jasa WO ataupun WP mungkin menambahkan budget dari pernikahan anda. Namun mereka inilah yang akan membuat pernikahan anda menjadi sempurna.
Saran memilih WO ataupun WP, anda harus mengamati dari cara mereka bekerja. Sama seperti untuk melihat vendor yang lain, anda harus melihat contoh pekerjaan mereka di hari-H. 
Bagi para undangan yang hadir di pesta pernikahan pasti ada yang merasakan pesta yang begitu berkesan dan menjadi memori yang sulit terlupakan. Hal tersebut bisa saja dari menu makanan yang nikmat, venue istimewa hingga hiburan yang disajikan selama acara berlangsung.
Poin-poin tersebut tidak terlepas dari peranan sebuah Wedding Organizer (WO) profesional yang mempersiapkan acara dari awal hingga hari-H.
WO yang baik tidak hanya berperan sebagai pelaksana pesta, namun juga konsultan bagi calon pengantin. WO harus bisa memberikan masukan ke calon pengantin, karena mereka biasanya baru pertama kali melakukan hal ini dan WO memiliki banyak informasi yang bisa dibagi.
Tak hanya membantu menyelenggarakan acara, klien akan memerlukan tim profesional yang bisa mengarahkan mereka harus bagaimana untuk merealisasikan pesta yang diinginkan, mengingat keterbatasan sumber daya manusia jika dikerjakan sendiri.
Hal ini memerlukan tahapan yang pasti, seperti memikirkan konsep bersama, memilih vendor-vendor yang tak terhitung jumlahnya yang kemudian hanya dipilih satu, hingga memastikan acara pesta berjalan sesuai rencana.
Lain halnya jika sebuah pesta dikerjakan sendiri tanpa WO, ada banyak poin yang harus diperiksa satu-persatu dan dijaga untuk tetap bekerja sesuai scejule. Namun biasanya sang pengantin memiliki pekerjaan sendiri, jadi ia sudah disibukkan dengan hal tersebut dan sulit untuk meluangkan waktu mengumpulkan hal yang bisa dikerjakan oleh WO. 
Namun jika ditangani WO, calon pengantin dan keluarga bisa lebih relaks memikirkan hal lain yang lebih penting dan membiarkan tim WO menangani segala halnya.
Dalam pesta pernikahan, banyak vendor yang terlibat, seperti dekor, venue, hingga makanan ataupun kue pengantin. WO berperan menjaga profesionalisme dari setiap pihak agar tidak melakukan keterlambatan atau kesalahan, sehingga acara berjalan sesuai scejule yang telah dibuat bersama.
Wedding Organizer (WO) atau perencana pernikahan sangat membantu dalam membuat sebuah pesta pernikahan menjadi sempurna. Namun memilih WO yang tepat bisa menjadi sebuah tantangan yang berat, terlebih jika tidak mengenal sama sekali siapa saja yang kompeten.

Cara mudah memilih WO dengan mengikuti tiga langkah berikut ini.
1. Rekomendasi
Cara termudah mencari tahu WO yang bisa dipercaya adalah mendapatkan rekomendasi dari orang-orang terdekat, mulai dari keluarga, teman maupun vendor yang Anda kenal. Rekomendasi langsung seperti ini biasanya akan diberikan mereka yang telah menggunakan jasa WO dari pernikahan sebelumnya. Selain mengetahui cara kerja, mereka juga bisa memberikan masukan, WO mana yang bisa diajak kerjasama dan juga tidak sungkan menolong.
2. Pengalaman
Jumlah WO semakin banyak dari waktu ke waktu dan pilihan yang ada pun semakin beragam. Persempit pilihan Anda berdasarkan pengalaman dari masing-masing WO. Lihatlah pesta-pesta apa yang telah mereka tangani dari portofolio yang diperlihatkan.
Berapa banyak pesta yang telah dikerjakan hingga tingkat kesulitan dihadapi bisa jadi pertimbangan.
Jadi, pastikan Anda melihat portofolio dari masing-masing WO, dan tentukan pilihan berdasarkan kredibilitas pengalaman tersebut.
3. Kecocokan
WO itu bukan barang, melainkan jasa. Erat kaitannya dengan individu sehingga ada unsur kecocokan. Jadi dalam memilih WO, perhatikan juga elemen yang satu ini. Jika Anda merasa adanya chemistry yang kuat dengan tim WO dari segi komunikasi, cara kerja hingga budget, jangan ragu untuk bekerjasama. Unsur ini mungkin terkesan sepele namun menjadi hal krusial, mengingat Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama tim WO untuk melakukan pertemuan.
Salah satu hal penting yang Anda lakukan ketika tanggal pernikahan sudah ditentukan adalah memilih Venue atau tempat resepsi. Tentu saja bukan hal mudah untuk mendapatkan tempat yang tepat.
Banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih tempat resepsi, seperti apa temanya, di mana lokasinya dan lain-lain. Jika Anda ingin menikah di tempat yang jadi favorit banyak orang, biasanya Anda harus pesan dari jauh-jauh hari, bahkan setahun sebelumnya.
Agar tidak salah dalam memilih tempat resepsi, berikut ini delapan tipsnya untuk Anda:
1. Sesuaikan dengan tema
Apakah tema pesta Anda akan membuat pesta harus digelar di dalam atau di luar ruangan. Untuk pesta di dalam ruangan, gedung resepsi tentu menjadi pilihan. Sementara untuk pesta di luar ruangan, sekarang ini banyak tersedia venue yang biasanya berkonsep rumah, villa atau hotel yang menyediakan halaman luas untuk menyelenggarakan pesta taman. Namun, bila Anda menginginkan pesta di luar ruangan, pertimbangkan juga cuaca yang belakangan ini semakin sulit ditebak.
2. Biaya
Tak ada salahnya memiliki impian untuk menyelenggarakan pesta di salah satu venue terkenal. Tapi ingat juga untuk tetap menyesuaikan dengan anggaran atau dana yang Anda miliki, kalau dipaksakan hingga melebihi anggaran bisa merepotkan.
3. Kapasitas
Pastikan venue yang akan Anda pilih memiliki kapasitas yang sesuai dengan perkiraan jumlah tamu. Bila terlalu besar, pesta Anda akan terlihat kosong, tetapi bila terlalu kecil, sudah pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi tamu karena harus berhimpit-himpitan.
4. Lokasi
Pilihlah venue yang mudah dijangkau dan aman bagi kerabat maupun sebagian besar tamu. Kalau tidak bisa di lokasi strategis, setidaknya pilihlah lokasi yang memungkinkan sebagian besar tamu tidak terlalu sulit untuk mencapainya, misalnya yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal atau menginap.
5. Parkir
Meskipun sangat kecil, tapi ada saja kemungkinan seseorang batal hadir akibat kesal karena sulit mendapatkan tempat parkir. Oleh karena itu, satu hal yang juga perlu Anda pastikan adalah venue yang Anda pilih memiliki area parkir yang memadai.
6. Rekanan
Beberapa venue memiliki vendor rekanan dan mengenakan biaya tambahan bila Anda membawa vendor dari luar. Pastikan Anda mengetahui hal ini dan pastikan juga bahwa rekanan mereka adalah vendor yang memang Anda inginkan. Bila ternyata ada vendor pilihan Anda yang bukan rekanan mereka, tanyakan dengan jelas berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan.
7. Pemesanan
Bila sudah mantap dengan pilihan Anda, lakukan pemesanan secepatnya. Jangan sampai Anda harus mengubah tanggal yang sudah ditetapkan hanya karena di tanggal tersebut, venue yang Anda inginkan sudah terisi. Pastikan juga nama Anda sudah tercatat di bagian pemesanan.
8. Technical Meeting
Bila memungkinkan, lakukan technical meeting dua minggu sebelum acara di gedung tersebut. Ini penting untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail mengenai susunan acara, dekorasi, katering, dan sebagainya. 
Sumber: Wolipop

0 komentar:

Posting Komentar